animasi

Minggu, 13 Mei 2012

HAKIKAT GURU


Menurut Drs. H.A. Ametembun, guru adalah semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid, baik secara individual atau klasikal, baik disekoalah maupun di luar sekolah (djamarah, 2000 : 32).
         Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa guru dalam melaksanakan pendidikan baik baik di lingkungan formal dan non formal dituntut untuk mendidik dan mengajar. Keduanya memiliki peranan yang penting dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang ideal pendidikan.
Mengajar lebih cenderung mendidik anak didik menjadi orang yang pandai tentang ilmu pengetahuan saja tetapi jiwa dan watak anak didik tidak dibangun dan dibina, sehingga disini pendidiklah yang berperan untuk membentuk jiwa dan watak anak didik dengan kata lain mendidik adalah kegiatan transfer of values, memindahkan sejumlah nilai kepada anak didik. Tokoh-tokoh dunia filsafat dan pendidikan seperti Aristoteles, Plato, Sokrates dan lain lainnya kita mengetahui bagaimana mereka menyampaikan ajarannya  kepada murid. Sokrates sebagai guru ia berkeliling ke pasar-pasar untuk menyampaikan ide-ide.
         Pendidikan merupakan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, bahkan Jhon Dewey menyatakan bahwa pendidikan sebagai salah satu kebutuhan, fungsi sosial, sebagai bimbingan , sarana pertumbuhan yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup (Dradjat, 1983 : 1).

1 komentar:

  1. banyak para guru tidak sesuai dengan tugasnya..mreka tidak benar2 mengajar dengan tulus coz mereka hanya mengejar jam demi materi .jika aq punya sekolah guru macam itu tidak pantas di sekolahku..

    BalasHapus