animasi

Minggu, 13 Mei 2012

Tanggung Jawab Guru


Sosok guru adalah orang yang identik dengan pihak yang memiliki tugas  dan tanggung jawab membentuk karakter generasi bangsa.
      Tanggung jawab guru ialah keyakinannnya bahwa segala tindakannya dalam melaksanakan tugasa dan kewajiban didasarkan atas pertimbangan professional (professional judgement) secara tepat. Pekerjaan guru menuntut kesungguhan dalam berbagai hal. Karenanya,
posisi dan persyaratan para” pekerja pendidikan “ atau orang-orang yang disebut pendidik karena pekejaannya ini patut mendapat pertimbangan dan perhatian yang sungguh-sungguh pula supaya usaha pendidikan tidak jatuh ke tangan orang-orang yang bukan ahlinya, yang berakibat banyak kerugian. Tanggung jawab guru PAI terhadap amanatnya sebagaimana dikemukakan di atas, seharusnya di wujudkan dalam upaya mengembangkan profesionalisme, yaitu mengembangkan mutu, kualitas dan tindak tanduknya (Suparta dan herry,2008 : 3-5)
      Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik, untuk itulah guru dengan penuh dedikasi dan loyalitas berusaha membimbing dan membina anak didik agar dimasa mendatang menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Guru harus bertanggung jawab atas segala sikap, tingkah laku, dan perbuatannya dalam rangka membina jiwa dan watak anak didik. Dengan demikian tanggung jawab guru adalah untuk membentuk anak didik agar menjadi orang bersusila yang cakap, berguna bagi agama, nusa dan bangsa dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar